Friday, December 21, 2007

Perusahaan Profit tapi buat beli komputer saja Susah

Kemarin Aku pergi jalan jalan bareng temen temenku ke bandung,nah dalam perjalanan temenku berkata "Kalo aku interview orang buat jabatan accounting, aku sih ngak pernah kasih soal yang susah susah" terus aku tanya kalo gitu soal apa yang kamu kasih
dia bilang "Perusahaan Untung tapi Buat beli komputer saja susah,apa sebabnya?"

Kemudian temenku yang satu lagi langsung jawab "Cashflownya ada Masalah", Kemudian
dijawab temenku "Bener,Tapi Kurang Spesifik" kira kira elo tahu ngak jawabannya ?

Cashflow ada masalah bisa disebabkan banyak hal antara lain:

1.Penjualan Bagus,tapi piutang yang mengantung/tak tertagih sangat besar dalam arti turn
over piutangnya macet.
2.Hasil Keuntungan Langsung Masuk ke Rekening Pemegang saham tidak masuk rekening
kantor sehingga walaupun piutang usahanya bagus tapi hutang pemegang sahamnya sangat
besar (Hal ini sering dijumpai pada perusahaan keluarga,perusahaan perorangan)
3.dll

selain itu jika perusahaan untung tapi beli komputer saja susah tapi bukan dari cashflow ke
mungkinanya cuma 2.

1.Prosedur pengeluarannya berbelit belit (Hal ini pernah aku alami waktu aku melihat
temen yang bergerak dalam franchise makanan dan minuman,disana untuk minta uang
harus melewati 4 orang pemegang saham dimana tuh pemegang sahamnya kantornya
berjauhan jadi kebayangkan udah dianggarkan tapi untuk minta ttd aja susah.)
2.Bosnya Ngak ACC Tuh Pengeluaran (He..he jadi walaupun perusahaan untung kalo bosnya
ngak Acc ya ngak keluar tuh duit)

No comments: